Senin, 28 Februari 2011

" Perkembangan Software "


Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

 
2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (
Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah
komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.



A. Sistem Operasi :

 Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.


1. Microsoft windows
    Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface).

2. Linux
     Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja

3. Unix
     Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).



B. PROGRAM APLIKASI :

1. Firefox / Chrome (Web Browser)
    Baik Firefox dan Google Chrome adalah browser yang baik. Keduanya cepat, mudah digunakan dan sangat aman.

2. AVG Anti-Virus (Anti-virus Software)
     AVG Free Anti-Virus adalah software anti-virus gratis paling populer. Dan juga software paling sering diunduh menurut website Download.com.

3. Auslogics Disk Defrag (Disk Defragmenter)
     Software ini adalah alat gratis untuk menjaga PC anda yang didesain untuk menyembuhkan kelambatan sistem dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh fragmentasi. Windows sudah menyediakan software ini sendiri tapi Auslogics dapat melakukannya dengan lebih cepat.

4. Advanced SystemCare Free (System Maintenance)
     ACS Free menyediakan sebuah cara mudah untuk anda yang awam komputer untuk melakukan pemeliharaan rutin dan melalukan optimalisasi sistem. Semua menjadi satu untuk melindungi, membersihkan, memperbaiki, dan mempercepat PC anda.

5. Security 360 (Spyware Removal)
     Software baru datang dari perusahaan yang sama dengan ACS. Tujuannya adalah untuk melindungi komputer anda dari spyware, pembajak, keyloggers dan hal-hal lain yang sejenisnya.

6. VLC Media Player (Video Player)
     VLC adalah pemutar video portable mendukung hampir semua jenis audio dan video dan menjalankan hampir semua video. Dan itu semua tidak memerlukan codec eksternal.

7. Google Picasa Software (Photo Management)
     Picasa secara otomatis mencari semua foto yang ada dalam PC anda, dimanapun mereka berada, dan mengorganisir semuanya dalam hitungan detik. Sebuah program yang baik untuk menata, merubah, dan melihatnya dalam komputer anda.

8. doPDF (PDF Printer)
     Hampir setiap orang ingin sekali merubah filenya menjadi PDF.doPDF adalah alat termudah untuk melakukannya. Menggunakan printer virtual pada komputer anda yang dapat anda pilih pada setiap program dalam Windows

9. xVideoServiceThief (YouTube Video Downloader)
     Hampir setiap oranga membuka YouTube setiap harinya. Dan faktanya bahwa YouTube memiliki lebih banyak hasil daripada Yahoo adalah tanda yang baik. Masalahnya adalah anda tidak dapat mengunduh video dari YouTube

10. Foobar2000 (Music Player)
     Foobar2000 adalah pemutar musik untuk Windows dan mendukung hampir semua jenis format audio. 

 
C. Utility : (contoh)

1. Xing MPEG Player --> memutar CD, VCD
2. Linguist --> kamus bahasa inggris
3. Winamp --> memutar lagu - lagu MP3
4. Total Fonts 2002 --> koleksi jenis huruf
5. Microsoft Word --> pengetikan
6. Microsoft Excel --> pembuatan tabel - tabel
7. Microsoft Power Point --> pembuatan presentasi
8. Microsoft Outlook --> pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll
9. Adobe Acrobat Reader --> program pembaca dokumen tutorial
10. Corel Draw --> pembuatan gambar


sumber www.google.com/wikipedia     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar